KOLEKSI PERPUSTAKAAN PENUNJANG PROSES
PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 PATI
WIDI MULYANINGTYAS
PROGRAM STUDY S1 PERPUSTAKAAN
ABSTRAK
Setiap sekolah harus mempunyai
perpustakaan,yaitu perpustakaan sekolah.SMK Negeri 3 Pati mempunyai perpustakaan
sekolah yang memadai tetapi koleksi yang dimiliki kurang.Koleksi perpustakaan
harus yang sesuai atau relevan, lengkap, dan mutakhir. Begitu juga
perpustakaan di sekolah harus sesuai dan mendukung program pembelajaran yang
ada di sekolah tersebut.Koleksi perpustakaan sekolah diutamakan untuk mendukung
kurikulum sekolah, kebutuhan
belajar, dan pengajaran. Perpustakaan sekolah biasanya biayanya terbatas, namun pihak sekolah menyadari pentingnya perpustakaan
dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa. Koleksi
perpustakaan sekolah perlu memasukan unsur fiksi tetapi bukan sembarang fiksi, harus yang kandungan sastranya sangat kental. Akses internet juga harus bisa masuk di
perpustakaan. SMK Negeri 3
merupakan sekolah kejuruan di bidang pariwisata, program keahlian perhotelan, kecantikan rambut, kecantikan
rambut, tata busana, tata boga dan
patiseri.
Kata kunci : perpustakaan, koleksi, SMK
Negeri 3 Pati
PENDAHULUAN
Perpustakaan sekolah adalah
perpustakan yang berada di lingkup instansi pendidikan yang bertugas menghimpun atau mengadakan koleksi
informasi dan menyebarluaskan kepada warga sekolah khususnya siswa, dimana
koleksi tersebut disusun berdasarkan sistem tertntu dan di kelola. Perpustakaan
sekolah juga merupakan unit kerja yang mengumpulkan karya-karya siswa sebagai
perwujudan hasil karya siswa itu sendiri.
Perpustakaan
sekolah tidak bisa lepas dari proses pendidikan di sekolah tersebut.
Adapun fungsi perpustakan menurut
Yulia (2010) meliputi :
1. Fungsi
edukatif
2. Fungsi
informatif
3. Fungsi
penelitian
4. Fungsi
kultural
5. Fungsi
rekreasi
Fungsi
edukasi adalah perpustakaan sebagai tempat belajar mandiri. Disebut mandiri
karena pengguna bisa mencari sendiri materi untuk belajar dan bisa
mempelajarinya sendiri baik dibaca di perpustakaan maupun dipinjam dibawa
pulang. Fungsi informative yaitu perpustakaan sebagai tempat mencari
informasi-informasi yang dibutuhkan pengguna. Fungsi penelitian artinya sumber-sumber informasi
yang ada di perpustakaan dapat digunakan sebagai bahan rujukan melakukan
penelitian. Fungsi kultural atau budaya artinya perpustakaan menyimpan
khasanah budaya bangsa, menyimpan
koleksi sejarah kota dan negara. Fungsi rekreasi, pengguna dapat mencari
koleksi di perpustakaan yang bersifat menghibur, pengguna juga melihat film
dengan fasilitas multimedia, seperti CD, video, dan kaset yang disediakan
perpustakaan. Keberadaan perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari sekolah,
karena sesuai tujuannya yaitu
menyediakan dan membantu pengguna khususnya siswa dalam proses belajar
mengajar.
Hal yang terpenting yang harus di
perhatikan adalah isi dari perpustakaan sekolah yaitu koleksi. Koleksi
perpustakaan sekolah haruslah beragam dan gerdi baca. Koleksi yang di miliki harusnya
terdiri dari koleksi tercetak, multimedia, digital, dan juga terhubung dengan teknologi
canggih seperti internet. Yang
jadi masalah adalah bagaimana perpustakaan dapat menyediakan koleksi yang
berkualitas agar memenuhi kebutuhan bagi warga sekolah khususnya guru dan
siswa.
Tetapi
jika koleksi perpustakaan sekolah hanya berisi buku-buku penunjang pembelajaran
atau bahan ajar tentu siswa juga tidak mau meminjam koleksi tersebut. Karena
siswa sudah jenuh dengan pelajaran di kelas,
siswa
ingin membaca atau meminjam koleksi yang sifatnya sebagai hiburan. Perpustakaan
sekolah perlu juga menambah koleksinya dengan berbagai macam kelas klasifikasi
dan bahan bcaan untuk rekreasi intelektual baik bentuk cetak, elektronik,
maupun pandang dengar.
Akibat pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan teknologi harusnya perpustakaan SMK Negeri 3 Pati makin
meningkatkan pula jumlah koleksi informasinya. Perpustakaan
SMK Negeri 3 Pati harusnya berupaya untuk menyediakan dan menambah koleksiyang
dapat memenuhi kebutuhan siswa. Selain
itu perpustakaan sekolah penunjang pembelajaran, meningkatkan dan
membudidayakan kebiasaan membaca bagi siswa dan guru.
Yang menjadi masalah
bagaimana perpustakaan SMK Negeri 3 Pati bisa menyediakan koleksi yang
berkualitas agar bisa memenuhi proses pembelajaran yang sesuai dengan semua
program keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Pati dan program kegitan lain yang
ada di sekolah.
Berdasarkan uraian di
atas dapat di rumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Apa
yang seharusnya di lakukan perpustakaan SMK Negeri 3 Pati agar koleksinya bisa
menunjang kurikulum?
2. Bagaimana
usaha perpustakaan SMK Negeri 3 Pati dan pengupayaannya dalam pengembangan
koleksi?
PEMBAHASAN
Perpustakaan adalah tempat dimana tersedia
berbagai macam bahan penerbitan baik yang berbentuk tercetak dan non cetak yag
diatur dengan suatu sistem tertentu untuk kepentingan informasi ilmiah,
populer, dan umum (Sulistyo_Basuki,
2010)
Menurut
Sulistyo-Basuki(2010) perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada
lembaga pendidikan formal di lingkungan
pendidikan dasar dan menengah yang meupakan bagian integral dari kegiatan
sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung
tercapainya pendidikan sekolah yang bersangkutan.
Jika diurai semakin banyak arti
perpustakaan menurut para ahli tetapi secara umum perpustakaan
bisa diartikan suatu unit kerja yang menyimpan koleksi dengan berbagai
macam bahan pustaka, yang diolah dengan sistematis, dan dapat dipinjamkan ke
pengguna. Namun seiring perkembangan teknologi, pngertian perpustakaan tradisional
dan paradigma lama mulai tergeser. Variasi isi perpustakaan atau koleksi perpustakaan
dalam berbagai format memungkinkan perpustakaan secara fisik tidak lagi berupa
gedung penyimpan koleksi buku. Perpustakaan sebagai sistem yang tidak lagi
menggunakan kedekatan fisik, melainkan dengan teknologi informasi.
Ada tiga unsur utama dalam
perpustakaan yaitu, ruangan, koleksi, dan
pelayanan. Di perpustakaan sekolah koleksi menjadi unsur pentingkarena
dapat menjadi motivator bagi pemustaka khususnya siswa untuk berkunjung ke
perpustakan. Kualitas
koleksi perpustakaan menjadi salah satu faktor penentu perpustakaan akan dikunjungi banyak pemustaka
khususnya siswa.
Koleksi Perpustakaan SMK Negeri 3
Pati
Salah satu unsur terpenting
perpustakaan adalah koleksi, karena dengan koleksi
yang baik dan memadai maka perpustakaan akan memberikan layanan yang baik
kepada masyarakat penggunanya. Koleksi perpustakaan adalah kumpulan bahan pustaka cetak maupun
non cetak yang diolah, di kelompokan sesuai kelas klasifikasi disimpan untuk di
pinjam di sebarluaskan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi
mereka. (Yulia, 2009)
Kebanyakan perpustakaan sekolah tidak
mempunyai pelayanan yang baik, terkadang kurang membantu proses
pembelajaran dan perpustakaan sekolah hanya berfungsi sebagai
tempat penyimpanan buku. Koleksi perpustakaan sekolah terkadang kurang bermutu dan belum terarah sesuai tujuan dari
sekolah tersebut. Dilihat dari koleksinya, perpustakaan sekolah terdiri dari
buku ajar atau buku teks pelajara. Koleksi penunjang yang berorientasi pada
unsur rekreasi dan hiburan harus
disediakan juga. Dengan koleksi penunjang seperti buku fiksi, dapat
meningkatkan imajinasi dan memotivasi siswa untuk membaca.
Koleksi perpustakaan sekolah berguna untuk memenuhi kebutuhan warga sekolah
khususnya siswa, dan sebagai pengembangan pendidikan dan penunjang
pembelajaran. Koleksi
perpustakaan sekolah haruslah menunjang proses pembelajaran di sekolah
tersebut. Koleksi perpustakaan sekolah harusnya relevan, berorientasi kepada
penggunanya yaitu guru dan siswa, lengkap, mutakhir. Mutakhir artinya mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
SMK Negeri 3 Pati adalah sekolah
kejuruan kelompok pariwisata,di mana terdapat berbagai macam program keahlian
yaitu perhotelan, tata
boga, patiseri, tata busana, tata kecantikan rambut dan tata
kecantikan kulit. Tentunya
koleksi perpustakaannya selain sepuluh kelas deskripsi juga berisi koleksi
tentang buku-buku yang menunjang jurusan-jurusan tersebut. Koleksi yang ada di
SMK Negeri 3 Pati sudah memadai tetapi alangkah baiknya kalau disesuaikan
dengan kurikulum dan lebih mutakhir. Koleksi yang ada di perpustakaan SMK
Negeri 3 Pati terlalu banyak buku-buku lama yang kandungan informasinya sudah
tidak mutakhir lagi.
Perpustakaan SMK Negeri 3 Pati juga
perlu menambahkan koleksinya yang dapat menunjang proses pembelajaran. Karena
koleksi perpustakaan dikatakan lengkap jika didalamnya terdapat beragam subjek
dan jenis koleksi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswanya. Ragam
koleksi harusnya ditambahkan di perpustakaan SMK Negeri 3 Pati antara lain :
a.
Bahan rujukan
Koleksi
ini penting dan akurat baik isi, bentuk dan jenis informasinya. Koleksi bahan
rujukan yang semestinya ditambahkan di perpustakaan SMK Negeri 3 adalah kamus,
lebih-lebih kamus bahasa Inggris. Kamus bahasa Inggris sering digunakan siswa
sebagai pegangan dalam pelajaran. Siswa yang tidak membawa kamus biasanya
meminjam kamus di perpustakaan. Akan tetapi kamus yang dimiliki perpustakaan
kurang mencukupi. Perlu penambahan kamus agar siswa tidak berebut
meminjam,karena kamus juga penunjang proses pembelajaran.
b.
Bahan ajar
Bahan
ajar memang harus sesuai kurikulum yang berlaku. Bahan ajar di perpustakaan SMK
Negeri 3 sudah memadai dan sudah sesuai dengan kurikulum walau pengadaannya
bertahap.
c.
Terbitan berseri
Perustakaan
SMK Negeri 3 berlangganan majalah komersial, tabloid, jurnal, dan surat kabar.
Selain sebagai pelengkap informasi juga bisa sebagai hiburan.
d.
Bacaan untuk rekreasi intelektual dan
hiburan
Koleksi
ini sering dicari siswa, karena biasanya berisi cerita dan hiburan.
Perpustakaan SMK Negeri 3 mempunyai cukup lumayan koleksi fiksi. Akan tetapi
mengingat begitu banyak siswa yang berminat membaca koleksi ini, maka perlu
penambahan. Karena koleksi ini bisa menggugah minat baca siswa dan menarik
siswa untuk sering berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan.
Akses internet juga
penting bagi kemajuan perpustkaan sekolah. SMK Negeri 3 Pati perpustakaannya
tidak bisa terakses dengan internet. Sudah seharusnya pimpinan dan pihak
menejemen sekolah tersebut memperhatikan dan memikirkan kemajuan
perpustakaannya. Karena koleksi perpustakaan tidak hanya tercetak dan non
tercetak, juga ada koleksi berbentuk elektronik. Sejumlah dana rutin bulanan
diperlukan untuk membeli berbagai jenis bahan pustaka yang sesuai dengan
kebutuhan guru dan siswa khususnya, yang jumlah dana tersebut tidak sedikit
mengingat semakin tingginya harga bahan pustaka yang beredar karena pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Pentingnya Koleksi
Perpustakaan Dan Upaya Penambahan Koleksi
Salah satu fungsi perpustakaan adalah
sebagai fungsi edukatif yaitu sebagai tempat untuk belajar mandiri, siswa
mencari informasi yang di butuhkan untuk menambah ilmu dan wawasan. Dengan berkunjung ke perpustakaan,siswa bisa
mengerjakan tugas yang di berikan guru mereka. Misalnya siswa program keahlian
boga bisa mencari koleksi tentang boga atau yang berhubungan dengan boga. Mereka bisa juga mengggunakan
majalah sebagai refrensi.
Perpustakaan juga menerima hasil karya
siswa dan guru. Dari siswa bisa berupa laporan kunjungan di industri, laporan
praktek industri, laporan karya wisata, kliping masakan, kliping kecantikan,
kliping busana. Dari
guru bisa berupa hasil PTK, tesis, skripsi ataupun modul. Semua itu bias digunakan sebagai
bahan rujukan bagi siswa dan guru yang membutuhkan. Koleksi di perpustakaan SMK
Negeri 3 Pati ada bahan rujukan, bahan ajar, terbitan berseri, bahan bacaan
untuk rekreasi intelektual. Bahan bacaan rekreasi yang dimiliki kebanyakan
cerita fiksi, sastra, dan novel.
Tetapi
koleksi yang paling banyak adalah bahan ajar atau buku teks.
Perpustakaan sekolah dalam pengembangan
koleksi hendaknya tidak terbatas pada pemenuhan kurikulum saja, walaupun
kenyataannya isi dari perpustakaan paling banyak adalah bahan ajar, tetapi juga
memberi kesempatan kepada pengguna untuk mengembangkan diri sesuai
bakat dan minatnya.
Perpustakaan SMK Negeri 3 harusnya
berupaya dan berusaha untuk menambah koleksinya. Penambahan tidak harus dari
pembelian. Penambahan koleksi yang bisa dilakukan selain dari pembelian, bisa
dengan cara;
a.
Tukar menukar
Kegiatan
ini bisa dilakukan antara dua atau lebih intansi sekolah. SMK Negeri 3 yang
merupakan sekolah kejuruan kelompok pariwisata bisa saling tukar dengan sesama
sekolah kejuruan, misalnya dengan SMK Negeri 2 yang kelompok teknik. Di
mungkinkan siswa SMK Negeri membutuhkan koleksi teknik karena di SMK Negeri 3
siswa juga ada yang laki-laki. Demikian juga sebaliknya, mungkin kalau siswa
SMK Negeri 2 kebanyakan siswanya laki-laki mungkin bisa juga gurunya bisa meminjam
koleksi tentang boga, dan busana.
b.
Hadiah
Perpustakaan
SMK Negeri 3 pernah mendapat hadiah dari dua instansi yaitu dari perpustakaan
daerah propinsi Jawa Tengah dan dari penerbit gramedia. Hadiah dari
perpustakaan daerah propinsi didapat karena pengelola perpustakaan SMK Negeri 3
mengikuti bintek perpustakan sekolah dan desa tingkat propinsi.
Hadiah
dari penerbit gramedia didapat karena adanya lomba kepala sekolah berprestasi
se-Jawa Tengah.
c.
Sumbangan atau Kenang-kenangan
Sumbangan
atau kenang-kenangan koleksi didapat dari siswa kelas XII yang lulus. Bahkan
ada siswa yang menyumbangkan koleksi fiksinya yang dimilikinyasecara
pribadi.
Dengan
berbagai cara tersebut diharapkan koleksi di perpustakaan SMK Negeri 3 bisa
semakin beragam dan bisa menunjang pembelajaran siswanya.
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan
yang tergabung pada sebuah instansi sekolah itu sendiri, dan dikelola sendiri.
Dimana koleksinya dibeli dan olah sendiri. Koleksi
perpustakaan sekolah sangat penting karena :
1.
Sumber kegiatan proses belajar,
menunjang proses pembelajaran dan menunjang
kurikulum.
2.
Sumber informasi, membekali siswa dengan
ketrampilan mencari, mengolah, dan mengevaluasi informasi dengan cara membaca
koleksi tersebut dan mengembangkannya dengan praktik ringan.
3.
Mengembangkan pribadi dan watak siswa, dengan
membaca koleksi tersebut dimungkinkan siswa akan terpengaruh dengan isi dari
koleksi tersebut dan bisa belajar mandiri, karena siswa terbiasa mencari
informasi sendiri tanpa bantuan guru.
4.
Sebagai bahan atau acuan penelitian
ringan dan sebagai hiburan rekreasi.
5.
Membantu siswa memperjelas dan
memperluas pengetahuan disegala bidang studi serta memperluas kesempatan belajar siswa.
6.
Membantu siswa mengembangkan bakat,
minat, dan hobinya.
KESIMPULAN
1.
Perpustakaan berfungsi sebagai penunjang
kurikulum, sumber informasi untuk memperjelas, memperluas ilmu pengetahuan,
menunjang pembelajaran dan tempat mengadakan penelitian sederhana bagi siswa
dan guru.
2.
Kondisi perpustakaan sekolah tiap
sekolah yang satu dengan yang lain berbeda-beda, sehingga perlu adanya
organisasi dan menejemen perpustakaan yang jelas. Menyadari akan pentingnya
perpustakaan sekolah dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu pendidikan
dan pembelajaran, sebaiknya pihak
terkait, pimpinan dan menejemen yang ada memikirkan bagaimana perpustakaan
sekolah bisa berjalan dengan semestinya.
SARAN
Kemajuan teknologi
membuat perkembangan informasi semakin cepat dan mengharuskan kita untuk
mengikutinya, perpustakaan SMK Negeri 3 Pati yang belum terakses internet dan
belum terotomasi, seharusnya pihak sekolah segera membenahinya, agar siswa
tidak ketinggalan informasi dan agar siswa tidak keluar sekolah di jam
pelajaran untuk mencari tugas individu, cukup datang ke perpustakaan.
Keberhasilan pendidikan di sekolah
tergantung dari siswa, guru, sarana dan
prasarana pendidikan. Pendidikan sekolah
dan koleksinya salah satu sarana
penunjang pendidikan, namun belum mendapat perhatian sepenuhnya dari instansi
sehingga dampaknya terhadap proses pembelajaran belum terlihat, khususnya di
SMK Negeri 3 Pati sebaiknya pihak atasan menejemennya memperhatikan
perpustakaan dengan menambah anggaran operasional.
DAFTAR PUSTAKA
Saleh, A. R; Kumalasari. R. (2010). Materi Pokok Manajemen
Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Sulistyo_Basuki. (2010). Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Sumantri. M. T. (2006). Panduan Penyelenggaraan
Perpustakaan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yulia, Yuyu; Sujana, Janti. G. (2009). Materi Pokok Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka
Comments
Post a Comment