Skip to main content

KOLEKSI PERPUSTAKAAN PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 PATI


KOLEKSI PERPUSTAKAAN PENUNJANG PROSES
PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 PATI

WIDI MULYANINGTYAS
PROGRAM STUDY S1 PERPUSTAKAAN

ABSTRAK
Setiap sekolah harus mempunyai perpustakaan,yaitu perpustakaan sekolah.SMK Negeri 3 Pati mempunyai perpustakaan sekolah yang memadai tetapi koleksi yang dimiliki kurang.Koleksi perpustakaan harus yang sesuai atau relevan, lengkap, dan mutakhir. Begitu juga perpustakaan di sekolah harus sesuai dan mendukung program pembelajaran yang ada di sekolah tersebut.Koleksi perpustakaan sekolah diutamakan untuk mendukung kurikulum sekolah, kebutuhan belajar, dan pengajaran. Perpustakaan sekolah biasanya biayanya terbatas, namun pihak sekolah menyadari pentingnya perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa. Koleksi perpustakaan sekolah perlu memasukan unsur fiksi tetapi bukan sembarang fiksi, harus yang kandungan sastranya sangat kental. Akses internet juga harus bisa masuk di perpustakaan. SMK Negeri 3 merupakan sekolah kejuruan di bidang pariwisata, program keahlian perhotelan, kecantikan rambut, kecantikan rambut, tata  busana, tata boga dan patiseri.
Kata kunci :  perpustakaan, koleksi, SMK Negeri 3 Pati
PENDAHULUAN
          Perpustakaan sekolah adalah perpustakan yang berada di lingkup instansi pendidikan yang  bertugas menghimpun atau mengadakan koleksi informasi dan menyebarluaskan kepada warga sekolah khususnya siswa, dimana koleksi tersebut disusun berdasarkan sistem tertntu dan di kelola. Perpustakaan sekolah juga merupakan unit kerja yang mengumpulkan karya-karya siswa sebagai perwujudan hasil karya siswa itu sendiri. Perpustakaan sekolah tidak bisa lepas dari proses pendidikan di sekolah tersebut.
            Adapun fungsi perpustakan menurut Yulia (2010) meliputi :
1.      Fungsi edukatif
2.      Fungsi informatif
3.      Fungsi penelitian
4.      Fungsi kultural
5.      Fungsi rekreasi
Fungsi edukasi adalah perpustakaan sebagai tempat belajar mandiri. Disebut mandiri karena pengguna bisa mencari sendiri materi untuk belajar dan bisa mempelajarinya sendiri baik dibaca di perpustakaan maupun dipinjam dibawa pulang. Fungsi informative yaitu perpustakaan sebagai tempat mencari informasi-informasi yang dibutuhkan pengguna. Fungsi  penelitian artinya sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan dapat digunakan sebagai bahan rujukan melakukan penelitian. Fungsi kultural atau budaya artinya perpustakaan menyimpan khasanah  budaya bangsa, menyimpan koleksi sejarah kota dan negara. Fungsi rekreasi, pengguna dapat mencari koleksi di perpustakaan yang bersifat menghibur, pengguna juga melihat film dengan fasilitas multimedia, seperti CD, video, dan kaset yang disediakan perpustakaan. Keberadaan perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari sekolah, karena sesuai tujuannya yaitu  menyediakan dan membantu pengguna khususnya siswa dalam proses belajar mengajar.
            Hal yang terpenting yang harus di perhatikan adalah isi dari perpustakaan sekolah yaitu koleksi. Koleksi perpustakaan sekolah haruslah beragam dan gerdi baca. Koleksi yang di miliki harusnya terdiri dari koleksi tercetak, multimedia, digital, dan juga terhubung dengan teknologi canggih seperti internet. Yang jadi masalah adalah bagaimana perpustakaan dapat menyediakan koleksi yang berkualitas agar memenuhi kebutuhan bagi warga sekolah khususnya guru dan siswa.
Tetapi jika koleksi perpustakaan sekolah hanya berisi buku-buku penunjang pembelajaran atau bahan ajar tentu siswa juga tidak mau meminjam koleksi tersebut. Karena siswa sudah jenuh dengan pelajaran di kelas, siswa ingin membaca atau meminjam koleksi yang sifatnya sebagai hiburan. Perpustakaan sekolah perlu juga menambah koleksinya dengan berbagai macam kelas klasifikasi dan bahan bcaan untuk rekreasi intelektual baik bentuk cetak, elektronik, maupun pandang dengar.
            Akibat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi harusnya perpustakaan SMK Negeri 3 Pati makin meningkatkan pula jumlah koleksi informasinya. Perpustakaan SMK Negeri 3 Pati harusnya berupaya untuk menyediakan dan menambah koleksiyang dapat memenuhi kebutuhan siswa. Selain itu perpustakaan sekolah penunjang pembelajaran,  meningkatkan dan membudidayakan kebiasaan membaca bagi siswa dan guru.
          Yang menjadi masalah bagaimana perpustakaan SMK Negeri 3 Pati bisa menyediakan koleksi yang berkualitas agar bisa memenuhi proses pembelajaran yang sesuai dengan semua program keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Pati dan program kegitan lain yang ada di sekolah.
          Berdasarkan uraian di atas dapat di rumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa yang seharusnya di lakukan perpustakaan SMK Negeri 3 Pati agar koleksinya bisa menunjang kurikulum?
2.      Bagaimana usaha perpustakaan SMK Negeri 3 Pati dan pengupayaannya dalam pengembangan koleksi?
           
PEMBAHASAN
            Perpustakaan adalah tempat dimana tersedia berbagai macam bahan penerbitan baik yang berbentuk tercetak dan non cetak yag diatur dengan suatu sistem tertentu untuk kepentingan informasi ilmiah, populer, dan umum (Sulistyo_Basuki, 2010)
          Menurut Sulistyo-Basuki(2010) perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan formal  di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang meupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya pendidikan sekolah yang bersangkutan.
            Jika diurai semakin banyak arti perpustakaan menurut para ahli tetapi secara umum  perpustakaan  bisa diartikan suatu unit kerja yang menyimpan koleksi dengan berbagai macam bahan pustaka, yang diolah dengan sistematis, dan dapat dipinjamkan ke pengguna. Namun seiring perkembangan teknologi, pngertian perpustakaan tradisional dan paradigma lama mulai tergeser. Variasi isi perpustakaan atau koleksi perpustakaan dalam berbagai format memungkinkan perpustakaan secara fisik tidak lagi berupa gedung penyimpan koleksi buku. Perpustakaan sebagai sistem yang tidak lagi menggunakan kedekatan fisik, melainkan dengan teknologi informasi.       
            Ada tiga unsur utama dalam perpustakaan yaitu, ruangan, koleksi, dan  pelayanan. Di perpustakaan sekolah koleksi menjadi unsur pentingkarena dapat menjadi motivator bagi pemustaka khususnya siswa untuk berkunjung ke perpustakan. Kualitas koleksi perpustakaan menjadi salah satu faktor penentu  perpustakaan akan dikunjungi banyak pemustaka khususnya siswa.
Koleksi Perpustakaan SMK Negeri 3 Pati
            Salah satu unsur terpenting perpustakaan adalah koleksi, karena  dengan  koleksi yang baik dan memadai maka perpustakaan akan memberikan layanan yang baik kepada masyarakat penggunanya. Koleksi perpustakaan  adalah kumpulan bahan pustaka cetak maupun non cetak yang diolah, di kelompokan sesuai kelas klasifikasi disimpan untuk di pinjam di sebarluaskan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi mereka. (Yulia, 2009)
Kebanyakan perpustakaan sekolah tidak mempunyai pelayanan yang baik, terkadang kurang membantu proses pembelajaran  dan  perpustakaan sekolah hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku. Koleksi perpustakaan sekolah terkadang kurang   bermutu dan belum terarah sesuai tujuan dari sekolah tersebut. Dilihat dari koleksinya, perpustakaan sekolah terdiri dari buku ajar atau buku teks pelajara. Koleksi penunjang yang berorientasi pada unsur rekreasi dan  hiburan harus disediakan juga. Dengan koleksi penunjang seperti buku fiksi, dapat meningkatkan imajinasi dan memotivasi siswa untuk membaca.
Koleksi perpustakaan sekolah  berguna untuk memenuhi kebutuhan warga sekolah khususnya siswa, dan sebagai pengembangan pendidikan dan penunjang pembelajaran. Koleksi perpustakaan sekolah haruslah menunjang proses pembelajaran di sekolah tersebut. Koleksi perpustakaan sekolah harusnya relevan, berorientasi kepada penggunanya yaitu guru dan siswa, lengkap, mutakhir. Mutakhir artinya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
SMK Negeri 3 Pati adalah sekolah kejuruan kelompok pariwisata,di mana terdapat berbagai macam program keahlian yaitu perhotelan, tata boga, patiseri, tata busana, tata kecantikan rambut dan tata kecantikan kulit. Tentunya koleksi perpustakaannya selain sepuluh kelas deskripsi juga berisi koleksi tentang buku-buku yang menunjang jurusan-jurusan tersebut. Koleksi yang ada di SMK Negeri 3 Pati sudah memadai tetapi alangkah baiknya kalau disesuaikan dengan kurikulum dan lebih mutakhir. Koleksi yang ada di perpustakaan SMK Negeri 3 Pati terlalu banyak buku-buku lama yang kandungan informasinya sudah tidak mutakhir lagi.
Perpustakaan SMK Negeri 3 Pati juga perlu menambahkan koleksinya yang dapat menunjang proses pembelajaran. Karena koleksi perpustakaan dikatakan lengkap jika didalamnya terdapat beragam subjek dan jenis koleksi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswanya. Ragam koleksi harusnya ditambahkan di perpustakaan SMK Negeri 3 Pati antara lain :
a.       Bahan rujukan
Koleksi ini penting dan akurat baik isi, bentuk dan jenis informasinya. Koleksi bahan rujukan yang semestinya ditambahkan di perpustakaan SMK Negeri 3 adalah kamus, lebih-lebih kamus bahasa Inggris. Kamus bahasa Inggris sering digunakan siswa sebagai pegangan dalam pelajaran. Siswa yang tidak membawa kamus biasanya meminjam kamus di perpustakaan. Akan tetapi kamus yang dimiliki perpustakaan kurang mencukupi. Perlu penambahan kamus agar siswa tidak berebut meminjam,karena kamus juga penunjang proses pembelajaran.
b.      Bahan ajar
Bahan ajar memang harus sesuai kurikulum yang berlaku. Bahan ajar di perpustakaan SMK Negeri 3 sudah memadai dan sudah sesuai dengan kurikulum walau pengadaannya bertahap.
c.       Terbitan berseri
Perustakaan SMK Negeri 3 berlangganan majalah komersial, tabloid, jurnal, dan surat kabar. Selain sebagai pelengkap informasi juga bisa sebagai hiburan.
d.      Bacaan untuk rekreasi intelektual dan hiburan
Koleksi ini sering dicari siswa, karena biasanya berisi cerita dan hiburan. Perpustakaan SMK Negeri 3 mempunyai cukup lumayan koleksi fiksi. Akan tetapi mengingat begitu banyak siswa yang berminat membaca koleksi ini, maka perlu penambahan. Karena koleksi ini bisa menggugah minat baca siswa dan menarik siswa untuk sering berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan.  
          Akses internet juga penting bagi kemajuan perpustkaan sekolah. SMK Negeri 3 Pati perpustakaannya tidak bisa terakses dengan internet. Sudah seharusnya pimpinan dan pihak menejemen sekolah tersebut memperhatikan dan memikirkan kemajuan perpustakaannya. Karena koleksi perpustakaan tidak hanya tercetak dan non tercetak, juga ada koleksi berbentuk elektronik. Sejumlah dana rutin bulanan diperlukan untuk membeli berbagai jenis bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa khususnya, yang jumlah dana tersebut tidak sedikit mengingat semakin tingginya harga bahan pustaka yang  beredar karena pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pentingnya Koleksi Perpustakaan Dan Upaya Penambahan Koleksi
Salah satu fungsi perpustakaan adalah sebagai fungsi edukatif yaitu sebagai tempat untuk belajar mandiri, siswa mencari informasi yang di butuhkan untuk menambah ilmu dan wawasan. Dengan  berkunjung ke perpustakaan,siswa bisa mengerjakan tugas yang di berikan guru mereka. Misalnya siswa program keahlian boga bisa mencari koleksi tentang boga atau yang berhubungan dengan boga. Mereka bisa juga mengggunakan majalah sebagai refrensi.
Perpustakaan juga menerima hasil karya siswa dan guru. Dari siswa bisa berupa laporan kunjungan di industri, laporan praktek industri, laporan karya wisata, kliping masakan, kliping kecantikan, kliping busana. Dari guru bisa berupa hasil PTK, tesis, skripsi ataupun modul. Semua itu bias digunakan sebagai bahan rujukan bagi siswa dan guru yang membutuhkan. Koleksi di perpustakaan SMK Negeri 3 Pati ada bahan rujukan, bahan ajar, terbitan berseri, bahan bacaan untuk rekreasi intelektual. Bahan bacaan rekreasi yang dimiliki kebanyakan cerita fiksi, sastra, dan novel. Tetapi koleksi yang paling banyak adalah bahan ajar atau buku teks.
Perpustakaan sekolah dalam pengembangan koleksi hendaknya tidak terbatas pada pemenuhan kurikulum saja, walaupun kenyataannya isi dari perpustakaan paling banyak adalah bahan ajar, tetapi juga memberi kesempatan kepada pengguna untuk mengembangkan diri  sesuai bakat  dan minatnya.
Perpustakaan SMK Negeri 3 harusnya berupaya dan berusaha untuk menambah koleksinya. Penambahan tidak harus dari pembelian. Penambahan koleksi yang bisa dilakukan selain dari pembelian, bisa dengan cara;
a.       Tukar menukar
Kegiatan ini bisa dilakukan antara dua atau lebih intansi sekolah. SMK Negeri 3 yang merupakan sekolah kejuruan kelompok pariwisata bisa saling tukar dengan sesama sekolah kejuruan, misalnya dengan SMK Negeri 2 yang kelompok teknik. Di mungkinkan siswa SMK Negeri membutuhkan koleksi teknik karena di SMK Negeri 3 siswa juga ada yang laki-laki. Demikian juga sebaliknya, mungkin kalau siswa SMK Negeri 2 kebanyakan siswanya laki-laki mungkin bisa juga gurunya bisa meminjam koleksi tentang boga, dan busana.
b.      Hadiah   
Perpustakaan SMK Negeri 3 pernah mendapat hadiah dari dua instansi yaitu dari perpustakaan daerah propinsi Jawa Tengah dan dari penerbit gramedia. Hadiah dari perpustakaan daerah propinsi didapat karena pengelola perpustakaan SMK Negeri 3 mengikuti bintek perpustakan sekolah dan desa tingkat propinsi.
Hadiah dari penerbit gramedia didapat karena adanya lomba kepala sekolah berprestasi se-Jawa Tengah.
c.       Sumbangan atau Kenang-kenangan
Sumbangan atau kenang-kenangan koleksi didapat dari siswa kelas XII yang lulus. Bahkan ada siswa yang menyumbangkan koleksi fiksinya yang dimilikinyasecara pribadi.    
Dengan berbagai cara tersebut diharapkan koleksi di perpustakaan SMK Negeri 3 bisa semakin beragam dan bisa menunjang pembelajaran siswanya.
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah instansi sekolah itu sendiri, dan dikelola sendiri. Dimana koleksinya dibeli dan olah sendiri.                                                                             Koleksi perpustakaan sekolah sangat penting karena :
1.      Sumber kegiatan proses belajar, menunjang proses pembelajaran dan  menunjang kurikulum.
2.      Sumber informasi, membekali siswa dengan ketrampilan mencari, mengolah, dan mengevaluasi informasi dengan cara membaca koleksi tersebut dan mengembangkannya dengan  praktik ringan.
3.      Mengembangkan pribadi dan watak siswa, dengan membaca koleksi tersebut dimungkinkan siswa akan terpengaruh dengan isi dari koleksi tersebut dan bisa belajar mandiri, karena siswa terbiasa mencari informasi sendiri tanpa bantuan guru.
4.      Sebagai bahan atau acuan penelitian ringan dan sebagai hiburan rekreasi.
5.      Membantu siswa memperjelas dan memperluas pengetahuan disegala bidang studi serta  memperluas kesempatan belajar siswa.  
6.      Membantu siswa mengembangkan bakat, minat, dan  hobinya.

KESIMPULAN
1.      Perpustakaan berfungsi sebagai penunjang kurikulum, sumber informasi untuk memperjelas, memperluas ilmu pengetahuan, menunjang pembelajaran dan tempat mengadakan penelitian sederhana bagi siswa dan  guru.
2.      Kondisi perpustakaan sekolah tiap sekolah yang satu dengan yang lain berbeda-beda, sehingga perlu adanya organisasi dan menejemen perpustakaan yang jelas. Menyadari akan pentingnya perpustakaan sekolah dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu pendidikan dan  pembelajaran, sebaiknya pihak terkait, pimpinan dan menejemen yang ada memikirkan bagaimana perpustakaan sekolah bisa berjalan dengan semestinya.
SARAN
          Kemajuan teknologi membuat perkembangan informasi semakin cepat dan mengharuskan kita untuk mengikutinya, perpustakaan SMK Negeri 3 Pati yang belum terakses internet dan belum terotomasi, seharusnya pihak sekolah segera membenahinya, agar siswa tidak ketinggalan informasi dan agar siswa tidak keluar sekolah di jam pelajaran  untuk mencari tugas  individu, cukup datang  ke perpustakaan.
            Keberhasilan pendidikan di sekolah tergantung  dari siswa, guru, sarana dan prasarana pendidikan. Pendidikan  sekolah dan  koleksinya salah satu sarana penunjang pendidikan, namun belum mendapat perhatian sepenuhnya dari instansi sehingga dampaknya terhadap proses pembelajaran belum terlihat, khususnya di SMK Negeri 3 Pati sebaiknya pihak atasan menejemennya memperhatikan perpustakaan dengan menambah anggaran operasional.
                                                                                               
DAFTAR PUSTAKA
         
Saleh, A. R; Kumalasari. R. (2010). Materi Pokok Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Sulistyo_Basuki. (2010). Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Sumantri. M. T. (2006). Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yulia, Yuyu; Sujana, Janti. G. (2009). Materi Pokok Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Comments

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN TAMAN PUSTAKA SD NEGERI TAMANSARI 02

PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN TAMAN PUSTAKA SD NEGERI TAMANSARI 02 Maslikatin maslikatinatin@gmail.com S1 ILMU PERPUSTAKAAN ABSTRAK Perpustakaan sekolah dasar mempunyai peran sebagai sumber belajar dan informasi bagi warga sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah dasar sebagai penunjang dalam proses belajar mengajar di sekolah, harus didukung dengan koleksi yang baik dan memadai. Koleksi harus dapat dipertanggungjawabkan dari segi kebenaran isi, bahasa, penyajian, ilustrasi, penulisan serta format fisiknya. Koleksi perpustakaan harus dapat memberi informasi yang lebih luas dari apa yang telah dipelajari siswa di sekolah,maka dari itu perpustakaan harus mempunyai koleksi yang lengkap dan selalu berkembang baik dalam jumlah maupun ragamnya. Pengembangan koleksi merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh perpustakaan, karena setiap perpustakaan akan berusaha melengkapi koleksinya demi kepentingan pengguna perpustakaan.Tujuan perpust

PENINGKATAN MUTU PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI LOMBA PERPUSTAKAAN

PENINGKATAN MUTU PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI LOMBA PERPUSTAKAAN Ahmad Sofyan abusofyan1991 @gmail.com S1 Ilmu Perpustakaan F akultas Ilmu Sosial & Ilmu politik ABSTRAK Perpustakaan sekolah merupakan salah satu bagian penting dalam lingkup sekolah. Perpustakaan sekolah juga memiliki sumbangsih besar dalam kegiatan belajar mengajar , hiburan, rekreasi, dan pengetahuan umum bagi siswa. Pengelolaan perpustakaan tidaklah mudah. Diperlukannya pustakawan yang mahir dalam mengelola perpustakaan. Perpustakaan memiliki komponen - komponen penting yang saling menunjang antar komponen. Sebuah perpustakaan dapat dikatakan Ideal jika setiap komponen dapat tepenuhi. Untuk mengetahui perpustakaan yang Ideal perlu diadakannya Evaluasi terhadap Perpustakaan Sekolah. Agar perpustakaan dapat memaksimalkan tugasnya sebagai penyedia informasi. Kata kunci : perpustakaan, komponen perpustakaan PENDAHULUAN Perpustakaan sekolah adalah salah satu bagian yang harus ada di set